Thursday, December 6, 2007

Peternak beralih ke sapi perah

Senin, 12 November 2007

Peternak beralih ke sapi perah

UNGARAN - Karena dinilai lebih menguntungkan, sebagian besar peternak sapi potong di Kecamatan Getasan dalam kurun waktu setahun terakhir beramai-ramai beralih memelihara sapi perah. Terlebih harga susu segar di pasaran sekarang ini cukup tinggi.

Camat Getasan, Heru P mengungkapkan jumlah populasi sapi perah yang ada di wilayah Getasan saat ini mencapai 18.000-an ekor. Jumlah itu meningkat jika dibandingkan jumlah populasi sapi perah pada tahun sebelumnya. Sementara untuk jumlah sapi potong sekarang ini tak lebih dari sepertiga jumlah sapi perah secara keseluruhan.

‘’Para peternak sapi penggemukan (potong) mulai beralih menjadi peternak sapi perah. Selain harga susu saat ini sedang bagus, dalam pemasarannya juga lebih jelas. Dari 48. 546 jiwa penduduk Kecamatan Getasan sebagian besar warga mata pencahariannya sebagai petani peternak sapi perah,’’ kata Heru dalam jumpa pers di Ungaran, baru-baru ini.

Dari data di Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Semarang, jumlah kelompok petani peternak di Kecamatan Getasan sebanyak 21 kelompok. Sedangkan jumlah kelompok peternak sapi potong hanya ada tiga kelompok.

Dia menilai beralihnya peternak sapi potong menjadi peternak sapi perah ini justru positif. Karena para peternak sudah bisa memilih pekerjaan mana yang lebih menguntungkan.

‘’Selain dagingnya laku terjual, peternak masih bisa memperoleh penghasilan harian dari susu. Pangsa pasar susu juga jelas,’’ jelasnya. rbd/SR

No comments:

Dikelola dan dikembangkan dari beberapa sumber. Powered by Blogger.