Thursday, August 20, 2009

Sari Husada

PemKab Sleman Resmikan Tiga Kandang Percontohan 02/07/09

Kaliurang, Jumat, 19 Juni 2009 –



Wakil Bupati Sleman, Drs. H. Sri Purnomo, Msi., hari ini meresmikan Kandang Sapi Perah Percontohan yang merupakan bantuan yang diberikan oleh PT Sari Husada kepada tiga kelompok Peternak di Koperasi Peternak di wilayah Kaliurang, yakni Koperasi Warga Mulya, Sarono Makmur dan UPP Kaliurang.



Dalam sambutannya pada acara peresmian kandang percontohan tersebut, Sri Purnomo mengatakan,” Apa yang telah dilakukan oleh Sari Husada selama ini, khususnya dalam membantu meningkatkan pengetahuan tentang cara beternak sapi yang baik serta dalam memberikan fasilitas kepada para peternak merupakan wujud nyata kepedulian dunia usaha kepada peningkatan kesejahteraan peternak yang patut kita hargai.”

“Selaku pemerintah, kami selalu mendukung aktivitas pembangunan yang dijalankan dalam bentuk kemitraan strategis seperti yang telah diwujudkan oleh Sari Husada yang melibatkan konsultan-konsultan teknis dari Universitas Gajah Mada dalam membantu meningkatkan kesejahteraan para peternak,” lanjut Sri Purnomo.

Selain memberikan berbagai bentuk fasilitas seperti kandang sapi, Sari Husada juga secara rutin memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada para peternak tentang cara-cara beternak yang baik sehingga mampu menghasilkan kualitas susu segar yang baik, melalui program Peningkatan Mutu Susu.

Presiden Direktur PT Sari Husada, Budi Isman dalam sambutannya mengatakan,”Sejak tahun 1991, Sari Husada telah bekerja sama dengan para konsultan dari Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada dan menjalankan program Peningkatan Mutu Susu yakni melalui pendampingan dan penyuluhan kepada para peternak sapi perah di wilayah Jawa Tengah dan DIY termasuk di Kaliurang untuk terus meningkatkan kualitas susu yang mereka hasilkan.”

“Program pembinaan merupakan program yang terintegrasi yakni selain memberikan penyuluhan dan bimbingan, kami juga memberikan bantuan berupa alat-alat yang memenuhi standar peternakan sapi perah yang baik, seperti milk can, coppers, lacto scan, dan lain-lain,” lanjut Budi Isman.

Bantuan kandang percontohan yang diresmikan hari ini juga dilengkapi dengan bio-digester sehingga kotoran sapi dimanfaatkan untuk menghasilkan gas metan yang dapat dipakai sebagai bahan bakar untuk memasak dan penerangan .

“Kami menerapkan kandang sapi perah yang terintegrasi dan ramah lingkungan yakni dilengkapi dengan bio-digester sehingga kotoran sapi tidak dibuang begitu saja melainkan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan gas metan untuk bahan bakar. Sedangkan limbah yang dihasilkan dari bio-digester dapat dipergunakan untuk pupuk bagi rumput yang selanjutnya digunakan untuk pakan ternak. Dengan demikian tidak ada yang terbuang sekaligus membantu mengurangi emisi gas karbon,” lanjut Budi Isman.

Selain memberikan bantuan berupa tiga kandang sapi percontohan untuk 3 koperasi tersebut, PT Sari Husada juga memberikan bantuan 100 unit milk can, 10 unit komputer kepada 10 koperasi peternak sapi perah di wilayah DIY dan Jawa Tengah serta menjalankan proyek pembuatan pakan ternak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sapi perah yang pada akhirnya untuk meningkatkan kualitas susu yang dihasilkan.

Sumber:
Sari Husada

1 comment:

Arif Rahman said...

Terimkasih atas informasinya, kami selaku mitra usaha peternak, koperasi atau perusahaan bersedia membantu dalam penyediaan milkcan dan ember perah susu stainless dan alumunium dengan berbagai type dan ukuran, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi Koleksi Milkcan stainless

Dikelola dan dikembangkan dari beberapa sumber. Powered by Blogger.