Thursday, August 27, 2009

Jerit Peternak Sapi Perah

Program pemerintah yang dicanangkan pada tahun 2012 tentang SWASEMBADA SUSU yang diistilahkan Indonesia sebagai kolam susu tampaknya tidak akan terwujud. Hal ini jika kita tilik dari harian-harian terkemuka di negeri ini yang memuat bahwa PT NESTLE akan menurunkan harga susu perah dari KSU pertanggal 21 April 2009 menjadi Rp 3.185 atau turun Rp 300. Hal ini berarti KSU akan membeli susu dari peternak dibawah Rp 2.900. Padahal harga tersebut merupakan BEP pemeliharaan sapi perah.

Kalau harga susu dibawah 2.900 maka peternak akan mengalami kerugian. Bagaimana program swasemabda susu akan terealisasi pada tahun 2012 jika peternak mengalami kerugian. Pertambahan produksi susu yang diharapkan akan bertambah juntru akan terjadi sebaliknya karena peternak pasti akan mengalami kelesuan untuk berkembang, jangankan untuk mengembangkan usaha, untuk BEP saja tidak tercukupi.

Hal ini terjadi karena kesalahan pemerintah yang membuat kebijakan membebaskan biaya pajak impor susu dimana pada saat ini susu dunia harganya jeblog dimana bila dibandingkan dengan harga susu dlam negeri lebih murah. Hal ini sudah pasti dimanfaatkan oleh perusahaan persusuan untuk mengimpor susu demi mendapat keuntungan yang lebih banyak. Untuk menyikapi kondisi ini pemerintah harus segera bertindak dengan memberlakukan biaya pajak impor yang cukup tinggi sehingga susu dalam negeri tetap bisa bersaing. Padahal kalau kita mendasar data bahwa sampai saat ini susu dlam negeri hanya bisa menyupali kebutuhan 30 % dari kebutuhan Nasional. Apa kita akan selalu tergantung pada pihak luar jika hal ini tidak segera diatasi. Kalo kebijakan pemerintah terus seperti ini kapan bangsa kita bisa berdiri diatas kaki sendiri. Jangankan untuk sekedar berdiri, untuk merangkak saja kita tidak akan bisa. Bagaimana bangsa kita bisa mengejar bangsa-bangsa lain yang sudah berlari kencang?

Nanang Miftahudin



Sumber:
Jerit Peternak Sapi Perah | Situs Komunitas Dokter Hewan Indonesia - Indonesian Veterinarian Community Site | Susu, Ini, Akan, Yang, Untuk

No comments:

Dikelola dan dikembangkan dari beberapa sumber. Powered by Blogger.